About Foodcombining 02

Image

01. Salah satu yg identik dgn pola makan FC adlh ciri khas untuk  sarapan dgn mengkonsumsi buah segar ketimbang makanan lain #foodcombining

 

02. Kenapa bisa demikian? Ada baiknya kita mengenal sistem tubuh kita sblm mencari tahu alasannya kenapa? Agar jelas #foodcombining

 

03. Tubuh punya siklus biologis dlm melakukan metabolisme yg biasa disebut sbg Ritme Sirkadian. Dibagi berdasar waktu 24 jam #foodcombining

 

04. Mulai pk. 12.00-20.00, tubuh membuka kesempatan untuk kita bisa menyerap bahan makanan sesuai dengan kebutuhannya #foodcombining

 

05. Pukul 20.00-04.00 tubuh memproses apa yg td dimakan, serta mempergunakannya sesuai dengan keperluan tubuh #foodcombining

 

06. Diperlukan energi yg besar di fase ini, itulah sebabnya Tuhan mendisain wkt ini sbg siklus istirahat kita #foodcombining

 

07. 04.00-12.00 adlh waktu dimana ‘sisa proses’, dibuang dari tubuh. Dlm bentuk kotoran, urine, keringat atau nafas #foodcombining

 

Di fase ini tubuh juga memerlukan energi yg sangat besar. Yg membuatnya agak sulit, tenaga tsb hrs terbagi dgn aktivitas pagi #foodcombining
Pdhal energi utk ‘mengeluarkan’ tsb hrs dikonsentrasikan agar kerja tubuh tidak terganggu serta kondisi jangka pendek/panjang #foodcombining

 

08. Agar proses ‘pengeluaran’ ini bebas dari gangguan, sebaiknya dipilih makanan yang tidak memberatkan pencernaan #foodcombining

 

09. Itulah sebabnya FC mempergunakan buah sbg sarapan pagi. Krn sifatnya yg ringan dan mudah cerna serta ckp lengkap unsurnya #foodcombining

 

10. Pilihan buah yg berserat, manis pohon dan berair, adalah contoh terbaik dari buah yg ideal dipergunakan utk sarapan  #foodcombining

 

11. Sebagai negara tropis, Indonesia sangat ideal dlm menyediakan pasokan buah seperti demikian. Pilihlah buah lokal #foodcombining

 

12. Selain harganya yg lbh murah, apabila diproduksi dgn baik, buah lokal memiliki wkt panen yg jauh lbh dekat ke wkt santap #foodcombining

 

13. Sehingga kesegaran, nutrisi, enzyme-nya msh terjamin tersedia dgn baik bagi tubuh. Cuci bersih sblm dikonsumsi #foodcombining

 

14. Konsumsi dengan dua cara, buah potong atau pergunakan juicer atau blender. Keduanya punya kelebihan masing-masing #foodcombining

 

15. Makan buah atau minumlah jus buah perlahan agar fructose (gula buah) tdk membuat lonjakan gula dlm tubuh secara mendadak #foodcombining

 

16. Buah punya sifat yg mudah mengenyangkan, namun krn ringan serta cepat urai ia juga mudah membuat lapar kembali #foodcombining

 

17. Itu sebabnya sarapan buah dilakukan secara repetitif antara pagi hingga jelang makan siang agar tdk terganggu rasa lapar #foodcombining

 

18. Sayur mentah segar bs jadi pengganti buah bila tdk tersedia, diluar itu konsumsi 1 butir telur jg msh mampu ditoleransi #foodcombining

 

19. Namun tdk bg nasi goreng, sereal dgn susu, roti dlm berbagai bentuk, susu dgn produk turunannya, apalg sosis, bacon dsb #foodcombining

 

20. Bahkan segala macam bentuk bubur yg sering disalah kaprahkan sebagai makanan lunak yg ringan serta mudah untuk dicerna #food combining

Demikian kibulan FC kali ini. Semoga memperjelas. Ttg apa yg dipadu-padankan utk makan, next time ya. As always, gak suka? Unfollow saja!

3 thoughts on “About Foodcombining 02

  1. Salam mas!
    Terkait FC, saya melihat kalau prinsipnya ini baik untuk lambung, kebetulan saya punya asam lambung dan sering mengalami heartburn. Pertanyaan saya mas, apakah harus ada hal2 khusus bagi penderita asam lambung utk melakukan FC mas?

    Mohon pencerahannya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s