Foodcombining Saat Ramadhan

Buah-buahan Yang Baik untuk ibu hamil

Hello tweeps! Kibulan hari ini seputar sanggahan mengapa suggest saya utk bersahur minim protein hewani? Lebih antara buah dan sayur melulu

Menurut info yang diterima atau disampaikan para penyanggah, mereka menemukan bhw protein hewani lbh menghemat tenaga jg mengenyangkan puasa

Berdasar pd konsensus “protein lebih lambat dicerna oleh tubuh, tdk spt karbohidrat” sehingga ditengarai membuat waktu kenyang lbh lama

Baiklah, saya berikan fakta seputar apa yg ada di protein hewani dan apa yang ada di tubuh kita sebagai manusia, dan bgmana hubungannya?

1. Protein hewani mungkin lengkap dlm unsur, namun tubuh manusia tdk sepenuhnya bereaksi sesuai dgn jumlah kandungan disana #foodcombining

protein-food-sources1

2. Anda boleh mengajukan sesuatu yg sepertinya berguna dgn klasifikasi tertentu tapi tubuh juga telah punya klasifikasi sndri #foodcombining

3. Apa yg bisa diterimanya dengan baik atau tidak? Kalau sesuai dgn klasifikasi tubuh ya diterima. Kalau tidak? Mubazir! #foodcombining

4. Atau bahkan tak terpakai dan malah membuat tubuh teracuni oleh tumpukan materi yg tak terserap dan mengendap di dlmnya #foodcombining

5. Protein hewani dlm bentuk umum spt daging dan susu (utama daging merah dan susu) memerlukan usaha ekstra keras tubuh #foodcombining

6. Untuk bisa menyerap manfaatnya. Itupun mayoritas tidak bisa terfasilitasi dgn baik dan tersisa sbg masalah belaka #foodcombining

7. Terutama dlm keadaan puasa, kerja pencernaan yg ‘mulur’ akibat protein yg jauh lbh lama proses ketimbang karbo (semisal) #foodcombining

8. Sebenarnya sama sekali bukan menguntungkan. Proses cerna panjang sama sekali tdk terkonversi dgn rasa kenyang yang lama #foodcombining

9. Tapi justru menyita energi tubuh yg lbh berat dari semestinya. Akibatnya malah bkn rasa kenyang hingga wkt berbuka didapat #foodcombining

10. Tapi malah rasa mudah lelah, mengantuk dan tidak nyaman pada perut. Kenyang? Justru malah sebaliknya hal yang didapat #foodcombining

11. Krn proses panjang dan berat yg diperlukan utk cerna protein, tubuh berusaha mengganti energi ekstra yg terbuang percuma #foodcombining

12. Dengan mengkonversinya menjadi rasa lapar. Itu sebabnya pengkonsumsi protein hewani umumnya terjebak dlm lingkaran setan #foodcombining

13. Krn pengalaman merasa lapar lbh cepat, dikira konsumsi protein hewani lebih sedikit dr keperluan. Ditambahlah porsinya #foodcombining

Tinggi Protein

Tinggi Protein

14. Namun protein hewani yg lebih banyak dari keharusan malah membuat tubuh menjadi lebih terbebani. Dan lapar lbh cepat lagi #foodcombining

15. Ditambah bonus rasa tidak nyaman, mudah lelah dll yg disebut tadi. Beberapa malah menambah rasa pusing atau mudah sakit #foodcombining

16. Normal karena energi tubuh terus menerus defisit. Hingga banyak terjadi malfungsi. Akhirnya puasa sehat sulit dicapai #foodcombining

17. Kembali ke protein hewani. Tidak menggeneralisir bahwa semuanya buruk dan menyetani Anda utk berubah menjadi vegetarian #foodcombining

18. Namun lebih ke sisi skala prioritas kita dlm mengkonsumsi sesuatu sesuai kebutuhan atau kapasitas sesungguhnya tubuh kita #foodcombining

19. Manusia secara fisiologis dirancang Tuhan utk menjadi Omnivora (pemakan segala) yg berat ke sisi Herbivora (tumbuhan) #foodcombining

20. Panjang usus manusia menurut Dr. Robert Young, terlalu rumit dan panjang bagi penyerapan protein dlm jumlah yang banyak. #foodcombining

usus

21. Bandingkan dgn usus hewan karnivora yg umumnya sederhana serta lebih pendek. Bandingkan juga konstruksi gigi kita #foodcombining

22. Kita hanya punya dua pasang gigi taring utk robek daging, sementara hewan karnivora hampir seluruh gigi bersifat merobek #foodcombining

23. Sementara gigi manusia justru didominasi oleh gigi utk menggiling dan beberapa utk memotong, menunjukan bahan pangan kita #foodcombining

24. Tubuh dan pola makan manusia telah didisain indah oleh Tuhan, follow that and your life is much easier (also healthier#foodcombining

25. Terutama saat puasa di bulan Ramadhan ini. Jadikan ia sebagai fasilitator kesehatan disamping makna spiritual di dlmnya #foodcombining

26. Terkait protein hewani, konsumsi sesekali saja. Lebih baik pilih protein dari unggas dan ikan, lbh moderat cerna bg tubuh #foodcombining

27. Jangan lupa imbangi dgn konsumsi sayur segar pada saat yang sama. Jangan cuma sbg ‘side dish’ tapi dengan porsi massive #foodcombining

28. Bila perlu lebih banyak dari konsumsi proteinnya. Juga sebisa mungkin jgn santap bersamaan bersama karbohidrat primer #foodcombining

29. Yang akhirnya akan menyulitkan kerja sistem cerna tubuh. Protein hewani juga sulut produksi zat pengantar syaraf berbeda #foodcombining

30. Dengan produksi zat pengantar syaraf dipicu oleh konsumsi karbohidrat seperti jenis yang telah disebut sebelumnya #foodcombining

31. Kalau untuk protein hewani seperti susu, wah jauh lebih buruk ketimbang daging2an, hindari konsumsi utk menu sahur/berbuka #foodcombining

Info tentang susu, sila cek di TL #kibulansusu, atau kalau udah gak ketemu, suatu saat akan saya bahas lagi dlm TL khusus (semoga gak bosen)

5 thoughts on “Foodcombining Saat Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s