#KibulanSusu 02

Image 

Thanks to mas Rahmat Hidayat (rahmathidayat.tumblr.com) kibulan susu yang hilang ternyata bisa ditemukan kembali. Thanks bos!

  • silahkan menyimak #kibulansusu-nya @erikarlebang yang katanya ‘hilang’ di linimasa..
  • @erikarlebang: Still dare to say that milk is a pure natural food product? Read this!http://ht.ly/5yULg cc: @miasutanto: @aimi_asi @Healthy_Child
  • @erikarlebang: “Kok susu dibilang jelek sih? Itu kan sumber kalsium terbaik?!” Protes (kesekian) yg sy terima seputar fakta keburukannyahttp://ht.ly/5yULg
  • @erikarlebang: Buat yg sdh lama follow, mgkn skrg mau muntah mendengarkan penjelasan lain ttg keburukan susu binatang. Tp yg baru, mgkn hal itu msh aneh? #kibulansusu
  • @erikarlebang: Kita terlalu lama di-nina bobo’kan buaian penuh tipu muslihat dr para produsen susu, ttg kegunaan produk tsb bagi kesehatan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Mulai dr sumber protein dan kalsium sbg pembentuk tbh manusia, hingga susu identik dgn pertumbuhan bayi-balita-remaja #kibulansusu
  • @erikarlebang: Belakangan saat susu dilarang resmi diberikan sbg pengganti ASI, muncul strategi baru, susu penuh kalsium utk ibu hamil #kibulansusu
  • @erikarlebang: Juga manula, meningkatnya jumlah mrk yg msh aktif, menjd target pasar baru, susu penuh kalsium utk mencegah osteoporosis! #kibulansusu
  • @erikarlebang: Belakangan stlh info ttg ketdk lengkapan nutrisi susu, mulai dimasukkan segala macam unsur (fortifikasi) dlm susu #kibulansusu
  • @erikarlebang: Segala macam inisial spt AA, DHA, ADEK dll dijejali dlm iklan susu (mgkn kl inisial nama sy dimasukkan gak ada yg sadar jg ERK) #kibulansusu
  • @erikarlebang: So let’s go back to the real story behind what is milk is all about? Sorry kl bbrp fakta mengulang #kibulansusu
  • @erikarlebang: Meski tinggi dgn gizi, struktur molekular susu sapi tdk cocok dgn tubuh manusia. Bandingkan dgn ASI misalnya #kibulansusu
  • @erikarlebang: ASI hanya tinggi di Laktosa namun rendah di lemak dan protein, cocok dgn kebutuhan manusia saat bayi, cocok dgn pencernaan#kibulansusu
  • @erikarlebang: Susu sapi memiliki kandungan yg tinggi di Lactosa (gula/karbohidrat susu) lemak dan protein, konsentrasi yg sulitkan pencernaan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Protein susu (kasein) saat masuk tubuh, dianggap sbg ‘musuh’ krn terlalu tinggi-sulit cerna, hingga dibuatkan antibody khusus #kibulansusu
  • @erikarlebang: Lactose susu binatang, jg bgt tinggi, hingga membuat hampir semua penduduk dunia alergi thdpnya saat masuk ke tubuh mrk #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sayangnya kondisi ‘lactose intolerant’ ini, hanya dilihat dlm konteks, “mencret gak pas minum susu?” Kalau diare baru diaku #kibulansusu
  • @erikarlebang: Kalau gak diare, susu tetap dipaksakan utk masuk. Sedihnya saran itu juga ‘dipaksakan’ oleh ahli medis sekalipun #kibulansusu
  • @erikarlebang: Pdhal ditengarai *lirik @amandaiko* intoleransi laktosa tdk hanya berakibat pd diare atau gangguan pencernaan, tp bnyk alergi #kibulansusu
  • @erikarlebang: Mulai dr gangguan pernafasan, migraine, produksi lendir, mudah batuk-pilek, pertahanan tubuh lemah hingga ke gangguan kulit #kibulansusu
  • @erikarlebang: Slh seorang kerabat saya, anaknya menderita gangguan alergi kulit, dicoba segala macam obat dan cara, tdk ada yg mempan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sampai ahli medisnya kemudian mengatakan “Ya sudah, gangguan kulitnya tdk diketahui berasal dr apa! Yg penting gak mengganggu”#kibulansusu
  • @erikarlebang: Tp pd saat bersamaan, sang ahli medis membiarkan org tuanya mengekspose anak dgn konsumsi susu 2-3 kali/hari dlm jmlh banyak #kibulansusu
  • @erikarlebang: Atau seorang sahabat saya, anaknya berulang kali terserang batuk dan amandel yg mudah meradang hingga disarankan operasi #kibulansusu
  • @erikarlebang: Pendapat saya sederhana, “Stop susunya!”, ia menurut dan walau diprotes nenek dr anaknya (ibu dia sndiri) ia nekat mencoba #kibulansusu
  • @erikarlebang: Hasilnya? Lendir dan batuk sang anak menghilang dr peredaran. Amandelnya msh bertengger sbg perisai pertahanan tubuh terdepan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Contoh lain? Slh satu kerabat saya, patah tulang di usia lanjut, spt biasa doktrin yg diterima adlh konsumsi susu kalsium! #kibulansusu
  • @erikarlebang: “Demi kepadatan dan pembentukan jaringan tulang baru” katanya. Apa yg terjadi? Kondisi tulangnya tdk membaik hingga meninggal#kibulansusu
  • @erikarlebang: Ilustrasi tersbt memperlihatkan fakta sesungguhnya ttg susu. Manusia adlh satu2nya species yg ngotot minum susu species lain! #kibulansusu
  • @erikarlebang: Dan Indonesia yg berpenduduk lbh dr 200 jt jiwa adlh sasaran empuk bagi industri susu dunia utk mengeruk keuntungan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sekian dulu kibulan pagi ini ttg susu, nanti dilanjutkan lagi. Kita ‘hajar’ mitos kalsium susu sapi secara ilmiah ya? Just wait #kibulansusu
  • @erikarlebang: Pernah liat sapi dewasa minum susu? Pernah liat sapi kena osteoporosis? Mrk makan apa? RT @clarityas: kl susu bkn sumber kalsium terbaik? #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sayur segar dan buah, is the best! RT @SitaOlii: mengenai#kibulansusu, jd bgmn sebaiknya?anak kita dikasi apa dong selain susu? #kibulansusu
  • @erikarlebang: Saya gak pernah berurusan dgn industri susu binatang, kl ada yg merasa terganggu krn periuk nasi atau profesinya terganggu TL saya, sorry! #kibulansusu
  • @erikarlebang: Bbrp jenis sayur2an, biji2an, daging2an, bnyk opsi buatan Tuhan RT @rezhanursina: sebaiknya intake protein bwt tubuh kita ganti dgn ap? #kibulansusu
  • @erikarlebang: Susu formula tindkan darurat stop stlh usia cukup konsumsi pendamping ASI RT @Caroline_Salim: Bgmn dgn ibu2 yg ASI nya tidak lancar?
  • @erikarlebang: Nerusin kibulan susu sebentar, sblm makan siang. Banyak amat yg ‘kesentil’, yak?
  • @erikarlebang: Pasteurisasi yg umum UHT – Ultra High Temperature, teknik pemanasan tinggi yg dimaksudkan membunuh bakteri#kibulansusu
  • @erikarlebang: Pd kenyataannya sulit membuat susu menjd steril thdp gangguan bakteri atau polusi, krn pola hidup sapi jaman sekarang (ce’ile)#kibulansusu
  • @erikarlebang: Susu -walau kurang cocok utk manusia- msh dilengkapi dgn enzim laktase utk membantu pencernaan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Digabung dgn enzim laktase bawaan manusia, kombinasi keduanya bs sdkt bantu ‘melawan’ kondisi susu tdk ideal utk manusia tsb#kibulansusu
  • @erikarlebang: Tp enzyme punya sifat buruk, mrk tdk tahan dgn suhu di atas 45-50 derajat celcius (mgkn mrk anak rumahan dikit2 nyalain AC)#kibulansusu
  • @erikarlebang: UHT mematikan enzim susu tsb. Akhirnya susu yg sbnrnya sdh kurang ideal utk pencernaan, menjd lbh tdk ideal lagi! #kibulansusu
  • @erikarlebang: Akhirnya lemak susu menjd semakin tdk terurai dan kolesterol susu membebani sistem tubuh tanpa kontrol #kibulansusu
  • @erikarlebang: Proses UHT jg merusak banyak vitamin yg terdpt dlm susu, yg sbnrnya di-gadang2kan oleh produsen susu #kibulansusu
  • @erikarlebang: Kesulitan2 yg terus berusaha diakali oleh produsen susu, dgn UHT dan fortifikasi dsb, sbnrnya adlh indikasi susu tdk dibutuhkan#kibulansusu
  • @erikarlebang: Enzym laktase yg menghilang dr tubuh manusia usia 2-3 thn, sbnrnya adlh indikasi bhw manusia dewasa tdk butuh susu sama sekali #kibulansusu
  • @erikarlebang: Jd bukan krn “org Indonesia sih gak dibiasain minum susu dr bayi” prnh sy dngr dr mulut seorang dktr anak mewakili produk susu#kibulansusu
  • @erikarlebang: Sarannya dia lbh konyol lg “minumin aja susunya terus, nanti diharapkan enzim itu akan diproduksi lg oleh tubuh” #kibulansusu
  • @erikarlebang: Betapa kepentingan komersial mengalahkan hukum alam buatan Tuhan yg sbnrnya hrs dipatuhi utk hidup sejahtera #kibulansusu
  • @erikarlebang: Okay, demikian kibulan siang ini, nanti dilanjutin lg tentang pematahan mitos “kalsium terbaik datang dari susu” #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sepertinya kibulan susu ini harus berlanjut dan terus menerus berlanjut. Krn perlawanan thdp dominasi industri susu hrs dihadapi simultan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sehingga dominasi informasi sepihak selama ini dilakukan oleh produsen susu dgn merangkul media dan memperalat pihak medis mendpt tandingan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Skrg kita bicara mengenai mitos kalsium susu hewan -sapi khususnya- dan kesalah kaprahannya dlm masyarakat#kibulansusu
  • @erikarlebang: Ada banyak sisi dimana guna kalsium susu sapi mudah sekali dipatahkan seberapapun ngototnya produsen memaksakan pencitraan itu #kibulansusu
  • @erikarlebang: Tulang manusia memang memerlukan kalsium utk membangun dan merestrukturisasi kondisinya secara konstan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Susu sapi memang melimpah kandungan kalsiumnya. Sktr 300 mg perliternya (kl gak salah ingat ya, maklum ngetwit smbl disetirin)#kibulansusu
  • @erikarlebang: Mslhnya seberapa melimpah kalsium susu sapi itu bukan dlm jenis yg ideal utk diserap oleh tulang manusia. Krn satu dan lain hal#kibulansusu
  • @erikarlebang: Kalsium sbg mineral membutuhkan elemen mineral pendamping lain agar bs dimanfaatkan oleh tulang, Magnesium! #kibulansusu
  • @erikarlebang: Nah! Disini bolongnya susu sapi! Ia tdk dilengkapi dgn jumlah magnesium yg cukup utk mengimbangi kandungan kalsium yg ada#kibulansusu
  • @erikarlebang: Seingat saya, per liter susu sapi murni hanya mengandung 100 ml magnesium (sorry kl slh, tp logis deh penjelasan slanjutnya)#kibulansusu
  • @erikarlebang: Eh, 100 ml apa mg, ya? Hihi, lupa jek! Sementara tulang butuh jumlah 4X lipat dr kandungan perliter magnesium dlm susu sapi tsb#kibulansusu
  • @erikarlebang: Berdasar pd equivalent itu, bisa Anda bayangkan utk memenuhi kebutuhan magnesium harian, harus dikonsumsi 4 liter susu perhari! #kibulansusu
  • @erikarlebang: Saya sangsi apakah ada manusia yg sanggup minum 4 ltr susu perhari dan tdk mengalami mslh dlm hidupnya. Adakah? *garuk kepala* #kibulansusu
  • @erikarlebang: Knapa produsen susu tdk memfortifikasi magnesium spt AA, DHA, AAA (eh itu size batere ya?) yg sering mrk gembar-gembor di iklan#kibulansusu
  • @erikarlebang: Krn magnesium sgt mudah rusak, dan nyaris mustahil dipackaging dlm kemasan susu bubuk atau pun cair. Itulah sebabnya!#kibulansusu
  • @erikarlebang: Kenapa dlm setiap seminar atau literature kesehatan jarang memuat publikasi pentingnya magnesium utk perawatan tulang?#kibulansusu
  • @erikarlebang: Bs jd krn produsen susu yg sering meng-endorse dunia kesehatan, berusaha keras sembunyikan fakta pentingnya magnesium bg tulang #kibulansusu
  • @erikarlebang: Bgt masy. luas tahu kalsium susu tdk berguna bg tulang krn tdk dilengkapi magnesium, mrk akan berpindah mencari ke sumber lain#kibulansusu
  • @erikarlebang: Yang jauh lebih murah dan murah didapat namun sdkt sulit dikomersialkan spt susu, buah-buahan serta sayuran segar!#kibulansusu
  • @erikarlebang: Jd apa yg terjd dgn kalsium susu yg nyaris tak terserap oleh tulang tersebut? Nah, itu panjang lg ceritanya! #kibulansusu
  • @erikarlebang: Yg pasti kalsium ‘siluman’ itu akan bersliweran-‘mengotori’ saat berada dlm tubuh, menimbulkan mslh instan maupun akumulatif#kibulansusu
  • @erikarlebang: Bentuk konkrit dari mslh yg ditimbulkan oleh tumpukan kalsium tak terpakai itu, nanti akan saya bahas di wkt selanjutnya #kibulansusu
  • @erikarlebang: Itu kibulan malem ini. Semoga berguna! Kl ada yg gak sreg krn beda pendapat, unfollow aja, jd win-win solution, kan? *nyengir*#kibulansusu
  • @erikarlebang: Mudah2an. Kl makan buah sesudah makan atau sayurnya digulai, penyerapannya jd jelek RT @jelloui: suka buah dan sayur ga masalah kalsium dong?
  • @erikarlebang: Makan buah-sayur segar. Susu hamil itu strategi bisnis doang, hehe! RT @CorySweety: pengganti susu hamil apa? Spya nutrisi janin tercukupi #kibulansusu
  • @erikarlebang: Kebutuhan akan susu yg dipengaruhi via informasi sepihak produsen susu selama bertahun-tahun membuat efek psikologis dalam bg masyarakat #kibulansusu
  • @erikarlebang: Akhirnya saat terkuak sisi buruk dr susu hewan bg kehidupan manusia, mrk berlomba-lomba mencari pengganti substansi yg lbh aman namun sama #kibulansusu
  • @erikarlebang: Bersifat cair, kaya protein, kalsium, rendah lemak dll spt layaknya diklaim oleh susu sblmnya. Pengganti susu dirasakan sgt perlu dicari #kibulansusu
  • @erikarlebang: Muncul fenomena pemanfaatan susu kedelai, almond hingga air tajin yg secara substansi bahkan fisik mirip dgn susu namun lbh bersahabat #kibulansusu
  • @erikarlebang: Tp sejatinya manusia tdk memerlukan susu saat ia menginjak dewasa. Demikian pula dgn substansi pengganti susu tersebut. Hal sama berlaku #kibulansusu
  • @erikarlebang: Diatas 2-3 thn, gak perlu RT @vevenar: Menginjak dewasa ga butuh susu, tapi kalau masih batita gmn mas? #kibulansusu
  • @erikarlebang: Osteoporosis obatnya susu itu cuma bualan dan jualan produsen susu. Buah dan sayur! @ifatito14: Susu yg biar ga osteoporosis bla” kumaha??? #kibulansusu
  • @erikarlebang: Dlm disiplin ilmu yg sy kuasai buah bkn padanan makanan padat RT @phiiit: menu mpasi tepung beras merah+pepaya/buah laen. Bkn padanan dong?
  • @erikarlebang: Roti sm sekali bkn sarapan ideal RT @sussssie: anak2 mana mau sarapan buah ? Klu telur rebus masih okelah, gantinya buah roti tawar bole?
  • @erikarlebang: Yup! Perut ringan, energik, kl lapar tinggal makan buah lagi, simpel! @domestixgoddess @sussssie re: sarapan buah is the best
  • @erikarlebang: Kemarin ditanya lagi tentang #kibulansusu dan menanyakan mengapa manusia dewasa tidak perlu susu? Dan kenapa ada yang bisa dan tidak?
  • @erikarlebang: Terkait dengan masalah alergi, berarti mereka yang tidak alergi boleh bebas meminum susu dan mendapatkan manfaat darinya? #kibulansusu
  • @erikarlebang: Saya pernah menyinggung masalah ini dengan di #kibulansusu, intoleransi terhadap susu sering hanya dikaitkan dengan efek diare saja
  • @erikarlebang: Tapi ada ahli yang menenggarai selain diare masih ada problem lanjutan lain yang dialami mereka yang tdk dpt mentoleransi susu #kibulansusu
  • @erikarlebang: Walaupun pola buang air besar mereka tidak berbentuk diare, tapi problem kesehatan lain yang mengikuti, ditengarai masih terkait #kibulansusu
  • @erikarlebang: Bisa dari sisi turunan, problem kesehatan itu lahir bisa jadi dari intoleransi tubuh terhadap lactose atau protein kasein susu #kibulansusu
  • @erikarlebang: Apa itu LAKTOSA? Zat gula yang hanya terdapat dalam susu mamalia. Susu itu hanya diperuntukan oleh bayi-bayi yang baru saja lahir #kibulansusu
  • @erikarlebang: Untuk mencerna Laktosa dibutuhkan enzim Lactase. Sangat penting untuk pemecahan laktosa susu agar bisa diterima oleh sistem cerna manusia #kibulansusu
  • @erikarlebang: Kebanyakan orang memiliki cukup banyak enzim ini pada saat masih bayi, tetapi kemudian berkurang seiring dengan bertambahnya usia #kibulansusu
  • @erikarlebang: Orang-orang yang benar-benar tidak memiliki laktase atau jumlah enzimnya benar-benar rendah disebut tidak tahan laktosa lactose intolerance #kibulansusu
  • @erikarlebang: Lactose Intolerant pada susu terjadi pada mayoritas manusia di dunia, ini kenyhataan alami, takdir dari Tuhan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Perkiraan kasar adalah : 90 % dari bangsa Asia; 75 % dari bangsa Hispanik, Indian, Amerika, dan kulit hitam Amerika Utara#kibulansusu
  • @erikarlebang: 60 % orang dari berbagai kebudayaan di Mediterania dan 15 % masyarakat keturunan Eropa utara. Mrk alami lactose intolerant#kibulansusu
  • @erikarlebang: Tapi pd prinsipnya orang dewasa yang kehilangan laktase, adalah signal bahwa mereka tidak memerlukan susu lagi #kibulansusu
  • @erikarlebang: Entah dalam bentuk susu hewan maupun ASI lagi! So, in short, minum susu saat bukan bayi, sekali lagi adalah tindakan tanpa guna #kibulansusu
  • @erikarlebang: Demikian kibulan siang ini, semoga berguna.

4 thoughts on “#KibulanSusu 02

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s