#KibulanSusu 04

Image 

  • Thanks utk @a_rahmathidayat (http://www.rahmathidayat.tumblr.com) yang mendokumentasikan kibulan ini : 
  • @erikarlebang: Morning all, smbl siap-siap gowes ke gym. Kultwit ah, tentang susu sebentar. Agak (selalu) banyak pertanyaan baru masuk seputar itu
  • @erikarlebang: Ada beberapa sebab pembuat kita mengkonsumsi susu yang sebenarnya diperuntukkan sama sekali bukan utk spesies kita, manusia #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sebab-sebab tersebut sedikitpun tidak memberi hasil sesuai dengan harapan mereka yang konsumsi susu, sebagai minuman kesehatan#kibulansusu
  • @erikarlebang: Susu hewan diminum karena berbagai alasan. Berikut beberapa alasan yang paling populer : Mitos, Doktrin, Budaya dan Rasa #kibulansusu
  • @erikarlebang: Mitos! Susu hewan (terutama sapi) adlh minuman yg kaya kandungan hal baik namun paling banyak menimbulkan masalah kesehatan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Kandungan unsur tinggi yg dimiliki susu kendati terlihat berguna, tidak berlaku demikian saat susu itu masuk ke dalam badan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Protein tinggi susu, kasein, saat masuk tubuh, ditolak dan menggumpal saat masuk ke dalam lambung, sulitkan pencernaan#kibulansusu
  • @erikarlebang: Tubuh mengeluarkan rentetan reaksi anti kasein untuk menolak protein susu, yang sangat merugikan kesehatan secara general #kibulansusu
  • @erikarlebang: Demikian pula dengan kalsium. Karena tidak dilengkapi magnesium, kalsium susu tidak mudah terserap oleh tulang manusia #kibulansusu
  • @erikarlebang: Kalsium susu menumpuk dalam darah, dan mengubah PH darah menjadi acid. Tumpukan kalsium itu juga sulitkan kerja ginjal #kibulansusu
  • @erikarlebang: Kenapa orang masih ngotot minum susu? Mitos lah penyebabnya! Bahwa kandungan susu membawa kebaikan bagi kesehatan manusia #kibulansusu
  • @erikarlebang: Mitos membuat banyak org mengalahkan akal sehat dan fakta terpapar tentangnya. Dan selalu merasa bahwa manusia perlu susu#kibulansusu
  • @erikarlebang: Doktrin! Elemen selanjutnya, yang akhirnya ‘terpaksa’ membuat banyak orang minum susu dengan dalih kepentingan kesehatan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Doktrin yang hadir beragam lewat iklan, ahli medis yang terlambat memperbarui pengetahuannya, orang tua adalah sebab utama #kibulansusu
  • @erikarlebang: Iklan kegunaan susu yang beragam dan ‘menghajar’ berbagai sektor kehidupan manusia, membuat ‘perintah’ bawah alam sadar #kibulansusu
  • @erikarlebang: Perintah bawah sadar itu membuat manusia merasa ia perlukan susu, berapapun usianya saat itu. Sekali lagi kesampingkan fakta #kibulansusu
  • @erikarlebang: Ahli medis pun bukan sosok yg steril dalam ikut menyuarakan kesesatan informasi tentang susu. Krn mrk alpa perbarui ilmu#kibulansusu
  • @erikarlebang: Akhirnya banyak diantara mereka yg masih terbawa mitos tentang susu dan beri susu bagi ‘jalan keluar’ pasien-pasiennya #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sejalan dgn itu, para orang tua acap jd ‘pengkristal’ salah informasi tentang susu. Krn doktrin mereka berlangsung personal #kibulansusu
  • @erikarlebang: Perintah minum susu diberikan pada anak secara konstan, harian. Dari anak kecil, hingga ia nanti punya anak lagi! Konstan! #kibulansusu
  • @erikarlebang: Kesesatan yang berlangsung simultan antara banyak ahli kesehatan dan orang tua tentang susu lahirkan banyak masalah #kibulansusu
  • @erikarlebang: Yang seakan-akan tidak jelas asalnya? Akhirnya banyak problem simpangsiur tentang kesehatan tak terjawab tak terselesaikan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Padahal hanya dengan menghentikan konsumsi susu, masalah kesehatan tak jelas tersebut acap selesai dan sembuh secara total! #kibulansusu
  • @erikarlebang: Elemen selanjutnya adalah Budaya dan Rasa. Susu telah membudaya dan menjadi bagian dari kehidupan manusia berabad-abad #kibulansusu
  • @erikarlebang: Secara kuliner maupun ritual, susu telah membudaya ke berbagai sektor kehidupan. Namun baru akhir-akhir ini susu terdefiasi #kibulansusu
  • @erikarlebang: Susu baru muncul sebagai minuman kesehatan di beberapa waktu terakhir saja. Karena kepentingan komersial semata #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sama dengan ‘rasa’ yg ditimbulkan oleh susu di indera pengecap dan kirim semacam signal ke otak, yg membuat ketagihan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Reaksi yg muncul sbg signal sensasi seperti produksi dopamin dan endorphin membuat tubuh merasa nyaman dan ‘senang’ sesaat#kibulansusu
  • @erikarlebang: Ini yg sering disalah artikan orang sebagai merasa ‘sehat’ saat minum susu. Pdhal ia sedang merugikan kesehatan sejatinya #kibulansusu
  • @erikarlebang: Mirip dengan orang yg ketagihan sensasi merokok, minum alkohol atau bahkan obat terlarang, walau berada di dimensi berbeda #kibulansusu
  • @erikarlebang: Itulah sebab, fenomena mengapa susu begitu menjadi elemen penting dalam kehidupan manusia terkesamping dari fakta buruknya#kibulansusu
  • @erikarlebang: Yang melahirkan rentetan kesalahan paham dan buat problem kehidupan, dr sisi kesehatan maupun kekuatan ekonomi misalnya #kibulansusu
  • @erikarlebang: Tuhan membuat susu hewan bisa diminum, tapi bukan utk kesehatan. Cuma manusia, species yg ngotot minum susu species lainnya #kibulansusu
  • @erikarlebang: Demikian #kibulansusu pagi ini, semoga berguna. As always, tidak suka? Sila unfollow, salam!
  • @erikarlebang: Bagi yg bertanya apakah validitas info susu yg saya sampaikan, sila mengacu pd temuan ilmiah dan kesehatan terkini. Niscaya tercerahkan.
  • @erikarlebang: Berikut contoh percakapan yang benar terjadi dan menunjukkan betapa miskonsepsi kesehatan teraplikasi dimana-mana #kibulansusu
  • @erikarlebang: Ibu: “Katanya susu emang gak bagus?” |Saya: “Memang” |Ibu: “Anak saya sehat semua tuh” |Saya: “Ok” *males nanggepin mode on* #kibulansusu
  • @erikarlebang: Ibu: “Lagian kalau gak ada susu, gimana kalsium anak bisa didapat?” |Saya : “Buah dan sayur sumber terbaik” |Ibu: “Gak bisa!” #kibulansusu
  • @erikarlebang: Saya: “Kok?” |Ibu: “Anak saya punya maag parah, gak bisa makan buah!” |Saya: “Lho, katanya dia ‘sehat’ karena susu?” |Ibu: #@! #kibulansusu
  • @erikarlebang: Saya: Ibu tahu, konsumsi rutin susu adalah pemicu gangguan lambung yang terbesar? |Ibu : *kepingin ditelan bumi* #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sebelum mengklaim bhw kita sehat krn susu, cek dulu adakah penyakit yg mengganggu keseharian namun terabaikan & dianggap biasa #kibulansusu
  • @erikarlebang: Gangguan lambung, mudah pilek, batuk yang muncul, alergi pagi hari, gangguan kulit, migrain dsb adalah gangguan kesehatan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Yang sebenarnya sudah bisa menempatkan kita sbg “org yang tidak sehat” namun gangguan ini acap terabaikan dan dianggap biasa #kibulansusu
  • @erikarlebang: Karena ada obat-obatan yang bisa hilangkan ‘gejala protes’ dari tubuh tersebut. Begitu terus berlangsung bertahun-tahun #kibulansusu
  • @erikarlebang: Sampai secara akumulatif, akhirnya obat tsb tak mampu menolong dan malah merusak organ tubuh dari berbagai sisi merugikan #kibulansusu
  • @erikarlebang: Jd kalau punya penyakit apapun yang terasa ‘tdk jelas sebabnya’ dan dianggap biasa, cek apakah Anda peminum rutin susu? #kibulansusu
  • @erikarlebang: Bila “ya”, coba utk hentikan dan sterilisasi hidup Anda dari susu tersebut. 1-2 bulan saja, dan cek kondisi terkini stlh itu? #kibulansusu
  • @erikarlebang: Dan jujur utk tidak sentuh susu dlm bentuk apapun selama kurun waktu sterilisasi tersebut, agar pencarian berlangsung maksimal #kibulansusu
  • @erikarlebang: Jangan lupa utk konsumsi makanan sehat berupa buah dan sayur segar secara baik dan benar, terapkan pola hidup sehat #kibulansusu
  • @erikarlebang: Memberi perumpamaan terhadap sebuah fenomena dengan penyamaan antar bentuk yang lazim disebut analogi itu susah-susah gampang #kibulansusu
  • @erikarlebang: Dalam kasus susu misalnya, dengan mudah kita bisa mengatakan berdasar pd fenomena yg terjadi secara sungguhan sesuai hukum alam #kibulansusu
  • @erikarlebang: “Sapi beranjak dewasa, sudah tidak mau konsumsi susu induknya” Contoh sederhana kalimat yang perubahan bentuknya adalah #kibulansusu
  • @erikarlebang: “Sapi saja tidak mau kenapa manusia masih ngotot mau minum susu induk sapi?” Rangkaian transisi bentuk itu terjadi dan logis #kibulansusu
  • @erikarlebang: Logis krn hukum alam berlaku spt itu. Mudah kan? Siapa juga bisa! Eh, nanti dulu. Belum tentu juga #kibulansusu
  • @erikarlebang: Pernah ada tokoh ahli gizi bergelar Phd, lulusan universitas ternama negeri ini, tidak setuju dgn penelitian tentang susu #kibulansusu
  • @erikarlebang: Karena menurutnya tidak sesuai dengan ilmu yang dipelajarinya dari mahasiswa dasar hingga bergelar tinggi seperti sekarang #kibulansusu
  • @erikarlebang: Ia menyerang langsung ke pemakaian analogi “sapi beranjak dewasa emoh minum susu induknya” tersebut dengan kalimat sanggahan #kibulansusu
  • @erikarlebang: “Analogi ngawur spt itu akan membuat manusia kehilangan makanan bergizi, susu sapi dilarang karena sapi dewasa tdk minum susu” #kibulansusu
  • @erikarlebang: “Lalu kemudian apa? Telur ayam dilarang dimakan juga, karena ayam tidak makan telurnya!” *hening sejenak* #kibulansusu
  • @erikarlebang: Siapa bilang membandingkan sesuatu lalu merubah bentuknya ke hal lain utk menggambarkan hal sama, itu adalah pekerjaan mudah?#kibulansusu
  • @erikarlebang: Seseorang yang bergelar setinggi itu saja bisa melakukan kesalahan fundamental dimana anak sekolah dasar bisa menertawai #kibulansusu
  • @erikarlebang: Mana mungkin menyamakan fungsi susu dan telur lalu dimasukan ke kontroversi susu sapi? Karena kodratnya saja berbeda dari awal #kibulansusu
  • @erikarlebang: Susu sapi adalah makanan penyambung kehidupan bagi bayi sapi. Ayam bertelur jelas bukan untuk dimakan! Penerus generasi mereka#kibulansusu
  • @erikarlebang: Kalau manusia kemudian konsumsi telur ayam jelas sudah berbeda konsep dengan konsumsi susu sapi bila dikaitkan ke hal tersebut #kibulansusu
  • @erikarlebang: Analogi sarkastis sembarangan untuk mematahkan sesuatu fenomena alam yg jelas spt ‘kontroversi susu sapi’, bisa jadi bumerang #kibulansusu
  • @erikarlebang: Akan membuat seseorang tampak kurang cerdas apapun latar belakang pendidikannya. So think before you speak, otherwise *smile* #kibulansusu

2 thoughts on “#KibulanSusu 04

  1. Adik saya (1th) minum susu formula dari kira2 1bulan krn ASI dari ibu (43th) sudah tidak keluar. Minum susunya banter. Sejauh ini adik saya baik2 aja, malah aktif bgt. Apa tidak apa2? Baiknya gimana ya? Dikurangi apa gimana?

    • Gak ada manusia yang sehat dengan rutin mengkonsumsi susu hewan

      Kadang sehat tidak tergambar secara detil, dengan kata ‘aktif’, ‘montok’, ‘besar’ dan lain sebagainya. Kondisi tidak sehat sebenarnya bisa dianggap biasa seperti batuk, pilek, asma, gangguan kulit atau yang lebih serius, gangguan autoimun, diabetes, hiperaktif, dll kebanyakan tidak disadari saat ia perlahan muncul dalam frekuensi tertentu atau malah baru mengganggu di usia lebih dewasa (remaja, dewasa, lanjut).

      Kalau saya sih tetap, manusia minum susu hewan, itu cuma cari penyakit, untuk masa kini atau masa depan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s