Kegunaan Punya Blog

Pernah ada yang mengejek.. “Bukan politikus, artis atau pesohor sih sok-sokan punya jurnal pribadi di ranah publik”. Jangan mengernyitkan alis dulu, yang ngomong ini memang orang yang tergolong ‘gaul’ tapi IQ-nya jongkok ampun-ampunan, bahkan bisa dibilang sudah duduk! 

Bagi yang suka nulis, punya blog, bisa jadi semacam jurnal yang bisa dibaca oleh orang banyak. Atau ada yang memanfaatkannya untuk berbagi ilmu. Mungkin ada juga yang punya tujuan lain? Bisa jadi. 

Tapi berikut adalah salah satu contoh kenapa blog itu ada gunanya. Beneran berguna loh. Coba aja baca sampai habis tulisan lama saya ini

———————

Ada beberapa orang menanyakan kepada saya “kok jarang nulis notes lagi?” 
Jawaban saya sih standar, “nanti ya, lagi gak mood nih”. Sebenarnya sih bukannya gak mood, tapi lebih mikir, ada gunanya gitu? Asumsi saya, tentu orang lebih tertarik pada tulisan saya yang berkenaan dengan masalah kesehatan. 

Iyalah! Sapa juga yang mau baca tulisan gue lagi curhat?

Tapi dari sisi kesehatan sebenarnya juga efektifitasnya masih agak meragukan buat saya. Dari sisi hidup sehat misalnya, tulisan-tulisan saya malah membuat saya sering diolok-olok oleh berbagai teman dan diperlakukan layaknya alien saat saya berada diantara mereka. 

Makan sehat? Ini lucu juga, ada yang sampai jelas-jelas ingin mempermalukan saya dengan mengumumkan pengalamannya saat makan bersama saya, bahwa yang saya makan menurut dia sama sekali tidak sehat! Aneh? Karena justru apa yang saya tulis sifatnya malah mengajak orang untuk mengenal apa itu pola makan sehat yang sebenarnya. Sebuah pola makan yang sebenarnya mengasyikkan, mengenakkan, mengenyangkan namun tetap menyehatkan. 

Jangan sampai orang membuat kesalahan yang dulu saya lakukan, mengira makan sehat padahal sebenarnya cuma diet ketat menyiksa yang hanya memberikan tampilan badan bagus namun sebenarnya membuat tubuh saya malnutrisi di sana-sini. 

Yang lebih menyebalkan saat beberapa kawan menempatkan saya sebagai orang yang ‘gak asik’, karena disangka tidak bisa diajak jalan-jalan makan di sana-sini. Hellow! Mereka gak tau bahwa saya ini tukang makan? Saya sudah mencap semua perjalanan wisata saya sebagai wisata kuliner, jauh sebelum istilah itu populer.

Singkat kata, walau tidak menghalangi, beberapa alasan di atas membuat saya merasa agak malas untuk membuat tulisan lagi di areal publik super populer seperti Facebook ini.

EH, ADA LHO YANG BACA

Sampai beberapa saat ini, berulang kali beberapa rekan menanyakan langsung problem kesehatan mereka pada saya. Mulai dari yang remeh-remeh dari mulai sakit perut, sampai ke yang berat semacam kanker. Beberapa saya sempat menulis di notes, sehingga bisa saya refer kesana. Beberapa belum sempat, saya jawab semampu saya. Lucunya mayoritas mereka itu adalah pembaca setia notes saya. 

Dan semua memberikan komplain yang sama “Kok gak pernah nulis lagi?”

Agak terharu juga nih! Rupanya tulisan saya sudah membuat semacam komunitas setia yang tidak pernah saya sadari. Bahkan di Hongkong, ada ibu-ibu Indonesia, yang memprint out tulisan saya dan menempelkannya di pintu lemari es, agar bisa dibaca seluruh keluarganya. 

TERNYATA ADA GUNANYA JUGA ILMU SAYA
Baru-baru ini malah ada yang lebih mengharukan lagi. Seorang anak sahabat saya mengirim sms menanyakan bagaimana cara meredakan rasa mual yang dideritanya. Apa yang harus diminum dan pose yoga yang mampu membantunya? Setelah saya beritahu, ternyata dalam waktu singkat ia langsung merasakan perbaikan yang amat sangat. 

Mengharukan karena ia segera menelpon dan mengucapkan terimakasih!

Yang lebih membuat tercengang adalah komen di postingan blog lama saya. Tentang penderita HNP yang hidupnya dilanda kputus asaan luarbiasa, karena semua upaya yang dilakukannya sia-sia. Bahkan ia harus merogoh kocek dalam-dalam untuk semua upaya tersebut. Ia malahan harus merogoh lebih dalam lagi untuk upaya operasi. Sampai ia menemukan notes lama yang saya tulis.

http://erikar.multiply.com/journal/item/94/Sakit_Punggung_Sciatica_Saraf_Terjepit

Cukup menyentuh, karena ia menuliskan kronologisnya dengan cukup detil (walau sangat lugu) dan ternyata ia menyembuhkan dirinya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya apapun! Berikut tulisan beliau :

————

flyckrz wrote on Jun 24
ass..
setelah di MRI, terlihat bahwa sy terkena multiple HNP di 3-4,4-5,5-s1, dengan kesan lumbosakral melurus. ya ampun sakitnya.. mg2 jngn sampe terulang.
setelah menjalani fisioterapi, mwd2x, us dan traksi setiap hari -kecuali hr minggu- selama 5 minggu.., nyeri berkurang tapi tetap sy hanya bisa tidur klo tubuh sdh sgt lemas karena menahan sakit. 

waktu dimana 2hari lg sy harus di operasi, saya memutuskan menghentikan obat dan fisioterapi. saya ganti dengan renang selama 1 minggu. tetapi, boro2 bergerak.. tengkurep pake ban aja nda kuat..

kemudian sy mencoba pose tersebut diatas. pertama kali rasa sakitnya luar biasa. tiap pose selalu terjadi nyeri hebat disertai semutan apalagi pose tiduran dengan guling(pose ke-5), 5 detik aja kaki bergetar kencang dan mata berkunang-kunang. tubuh sy jd lemas tp tidur bs nyenyak.

pada hari kedua, saya coba lagi. pd pose ke lima, terdengar bunyi “gleg” yg cukup kencang. pada hari ke tiga terdengar lg bunyi tersebut 2x.

alhmdulilah..

bsok paginya terjadi perubahan yg sgt signifikan. nyeri hilang, bisa tengkurep -td nya sm sekali nda bisa-, jalan bs 200m an-tadinya plg jauh 5 langkah-, duduk 1jam- tadinya max 10 menit-, dan renang (dengan bantuan ban)..

setelah 2 minggu renang dan yoga setiap hari,. sy sdh seperti normal lagi. renang bs 3x setengah 30mnt gaya katak, gaya bebas 4x50m.. tidur di bed empuk tdk sakit, bs beraktifitas kerja ringan dr pagi sampe malam, dan mubasyarohnya jg sdh lancar.. 
makasih mas, informasinya benar2 sgt membantu..
Smg Alloh SWT membalas kebaikan anda

buat HNP’er lain, coba aja pose di atas dan jgn menyerah

———-

Alhamdulillah, ada gunanya juga gue nulis notes!

2 thoughts on “Kegunaan Punya Blog

Tinggalkan Balasan

